Manfaat Deodoran

Inilah Manfaat Deodorant Ketiak

Manfaat Deodorant Ketiak – Bau badan adalah suatu hal yang sangat mengganggu, hal itu bisa mempengaruhi pergaulan seseorang. Orang-orang yang memiliki bau badan tak sedap tentunya akan lebih banyak dijauhi oleh rekan-rekannya. Bau badan yang muncul pada dasarnya disebabkan perubahan kimia pada keringat oleh adanya bakteri yakni sebagai hasil terurainya sekresi aprokrin oleh bakteri di permukaan kulit kita.

Sebenarnya, bakteri yang tinggal kelenjar sebesea, folikel rambut dan juga permukaan pori-pori kulit seperti bakteri Micrococcus albus dan stafilokokus yang memegang peranan penting dalam pembentukan bau badan tak pernah bisa hilang. Meskipun kita sudah berusaha membersihkannya dengan menggunakan sabun ataupun antiseptik apapun. Hal ini dikarenakan antiseptic maupun sabun hanya bisa bekerja dipermukaan kulit saja, sehingga tak bisa menjangkau bakteri-bakteri yang hidup di pori-pori kulit.

1. Mengurangi bau badan

Manfaat Deodoran

Pada saat mengeluarkan keringat, tubuh kita melakukan proses pendinginan. Pada dasarnya keringat yang muncul memiliki komposisi air dan garam yang tak memiliki bau yang istimewa. Namun saat tubuh kita mengeluarkan keringat, tubuh kita akan terasa lembab. Hal inilah yang menciptakan lingkungan  bagi   pertumbuhan bakteri penyebab bau badan dimana mereka bekerja dengan cara menguraikan keringat dan melepaskan zat asam 3-methil-2-hexenoic yang mempunyai bau yang cukup menyengat. Penggunaan deodorant bertujuan mengurangi bau badan yang disebabkan bakteri tersebut.

2. Menghilangkan bau kaki tidak sedap

manfaat deodoran

Pada saat kaki kita lembab karena berkeringat yang disebabkan oleh pemakaian flat shoes maupun sepatu dalam jangka waktu yang lama, bisa memicu timbulnya bau tidak sedap yang tentunya sangat mengganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menerapkan deodorant di kaki ataupun jari-jari kaki pada saat sebelum tidur atau sesaat sebelum menggunakan sepatu. Biarkanlah beberapa saat sampai deodorant tersebut mengering, kemudian menggunakan sepatu. Hal tersebut akan membuat kaki kita cenderung kering dan bisa juga menghilangkan bau kaki yang tak sedap.

3. Menghilangkan cat kuku

Manfaat deodoran

Bagi para wanita yang ingin ganti warna kuku, tak perlu bingung dalam memikirkan remover kuteks atau cat kuku yang pernah digunakan sebelumnya. Anda bisa menggunakan cara alternatif yang mudah, yaitu dengan manfaat deodorant yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cobalah untuk menyemprotkan deodorant spray ke kapas. Lalu gunakan  hal tersebut untuk menghapus atau menghilangkan cat kuku.

4. Mencegah Ingrown hair

manfaat deodoran

Rambut yang tumbuh ke kulit atau sering disebut dengan ingrown hairs menimbulkan benjolan-benjolan kecil yang terkadang smenyakitkan. Untuk mencegahnya, cobalah untuk menerapkan deodorant sesaat kemudian mencukur bulu, seperti bulu ketiak. Hal ini selain bsia mengobati rasa sakit bekas cukuran, juga mencegah rambut yang tumbuh ke dalam kulit.

5. Menjadi lebih aktif

manfaat deodoran

Dengan menggunakan deodorant kita dapat lebih aktif dalam melakukan aktivitas apapun. Kita tidak perlu khawatir akan timbulnya bau badan akibat keringat berlebihan yang keluar dari tubuh kita.

6. Menambah rasa percaya diri

Ketika tubuh menggunakan deodorant, maka bau badan yang tak sedap dapat teratasi. Hal ini tentunya dapat menambah rasa percaya diri kita dalam bergaul dengan orang-orang atau rekan disekitar kita.

7. Menghilangkan bau di lemari pakaian

manfaat deodoran

Penggunaan deodorant juga bisa menggantikan fungsi pewangi atau kamper lemari pada saat deodorant dibiarkan terbuka dan juga diletakkan di dalam lemari pakaian. Hal tersebut bisa bermanfaat untuk menghilangkan bau pada lemari dan juga memberikan aroma yang menyegarkan pada lemari baju kita.

Itulah beberapa manfaat deodorant ketiak yang pelu anda ketahui. Semoga bermanfaat !

share post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =